Metode Bayar, Denda Telat Bayar Easy Cash Hingga Sistem Penagihannya

Metode Bayar, Denda Telat Bayar Easy Cash Hingga Sistem Penagihannya

Selain bunga yang kompetitif, syarat pengajuan yang mudah, dan uang juga bisa dengan cepat masuk di rekening jika menggunakan Easy Cash. Namun sebenarnya apa saja metode pembayaran hingga denda telat bayar Easy Cash yang harus dibayarkan? Simak ulasannya berikut ini:

Metode Pembayaran Cicilan

Setiap pengguna bisa memilih metode yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Terdapat beberapa metode untuk melakukan pembayaran cicilan pinjaman, antara lain:

  • Via Alfamart/Indomaret. Bagi yang tidak mempunyai m-banking bisa menggunakan metode yang satu ini. Pengguna hanya perlu datang ke Alfamart atau Indomaret terdekat agar bisa melakukan pembayaran cicilan Easy Cash.
  • Via Transfer Bank. Metode ini bisa dilakukan dengan menggunakan ATM maupun m-banking. Masukkan nomor virtual account dari pembayaran tersebut dan lakukan sesuai dengan instruksi yang diperintahkan.
  • Via E-Wallet. Seringkali melakukan pembayaran dengan transfer bank dikenakan biaya admin. Untuk menghindarinya, banyak yang memanfaatkan e-wallet sebagai alternatif terbaik. Tentu hal tersebut bukan masalah karena pengguna hanya perlu memasukkan nomor VA yang dibutuhkan dan lakukan pembayaran sesuai instruksi.

Denda Yang Harus Dibayarkan

Namun seperti yang diketahui, tidak semua orang bisa membayar cicilan tepat waktu. Banyak nasabah yang telat bayar sehingga harus dikenakan denda dalam jumlah tertentu. Bagi yang bertanya kira-kira berapa denda telat bayar Easy Cash tentu tergantung jumlah pinjaman yang diajukan.

Denda yang ditetapkan sendiri cukup tinggi agar mengurangi nasabah yang memiliki kebiasaan tersebut. Denda telat bayar Easy Cash sendiri sesuai dengan informasi di perjanjian pinjaman, yaitu:

  • Hari ke 1 & 2 : Rp 40 ribu -+ 2% dari pinjaman pokok.
  • Hari ke 3 dan seterusnya : 2% dari pinjaman pokok nasabah.

Denda dan bunga tidak boleh melebihi 100 persen dari pokok pinjaman. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan Asosiasi Fintech OJK dan AFPI.

Sistem Penagihan Pinjaman Bagi Yang Telat Bayar Cicilan

Setelah mengetahui berapa denda telat bayar Easy Cash, pihaknya biasanya akan melakukan penagihan terhadap nasabah yang belum membayar setelah lewat jatuh tempo. Penagihan tersebut diatur oleh kode etik dari asosiasi Fintech. Proses penagihan tersebut yaitu:

1. Desk Collection

Ialah penagihan yang dilakukan dengan menggunakan sarana komunikasi. Contohnya telepon, SMS, dan sarana komunikasi lainnya. proses penagihan tersebut dilakukan oleh pihak DC dari Easy Cash untuk mengingatkan nasabah dalam melakukan pembayaran.

Nasabah akan selalu di follow up untuk segera melakukan pembayaran dalam waktu tertentu. Penagihan dengan cara ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran nasabah untuk membayar cicilan tepat waktu setiap bulan.

2. Field Collection CD Debt Collector

Jika sebelumnya menggunakan sarana komunikasi, sistem penagihan yang satu ini mengharuskan pihak Easy Cash datang secara langsung. Pihak penagih akan berkunjung ke tempat domisili penerima pinjaman untuk menagih secara langsung.

Namun cara ini sebenarnya tergolong jarang dilakukan. Kecuali jika memang nasabah sudah hilang kontak dan tidak bisa dihubungi, maka cara terbaik dengan berkunjung secara langsung. Fintech lebih menekankan pada proses penagihan dengan telepon.

Ini bertujuan untuk menghemat waktu dan biaya operasional. Dengan demikian maka dapat lebih fokus terhadap operasional utama seperti proses underwriting.

Itulah penjelasan mengenai metode bayar, denda telat bayar Easy Cash, hingga sistem penagihan yang dilakukan oleh pihak pinjaman online. Mengingat besarnya denda yang harus dibayarkan, diharapkan setiap nasabah bisa komitmen untuk tepat waktu dalam membayar cicilan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You might also like